DIY Mix & Match Book

DIY Mix & Match Book
Ditulis oleh Aulia

Melakukan Project DIY bersama anak-anak selalu menyenangkan, apalagi itu juga bisa memperkuat bonding antara orang tua dan anak. Kali ini kita akan membuat buku yang berbeda dari buku pada umumnya. Buku yang akan kita buat akan menarik perhatian anak karena mereka bisa mencocokkan antara gambar yang satu dengan yang lainnya. Yuk, cari tahu bagaimana membuatnya!

Alat dan Bahan yang dibutuhkan:
§    Kertas
§    Kardus bekas
§    Alat tulis
§    Lem/ double tip
§    Solasiban bening besar
§    Pensil warna/ krayon/ spidol
§    Gunting/ cutter
§    Tali/ 2ring binder
§    Pembolong Kertas

Cara Membuat:
1.    Gambarlah pada kertas karakter yang ingin digunakan. Dalam hal ini, kami membuat “Sosok ayah”. Kami menggambar berbagai macam karakter Ayah. Jika kamu tidak memiliki cukup waktu dalam menggambar, kamu bisa menggunakan body template yang sudah bertebaran di internet. Perhatikan ukuran kertas haruslah sama.


2.     Warnai dan kreasikan gambar sesukamu.

3.    Setelah selesai mewarnai, tempelkan kertas pada kardus agar lebih kokoh. Jika kamu ingin buku yang lebih kuat, kamu bisa lapisi dengan solasiban bening yang besar/ me-laminating buku tersebut. Dan guntinglah menjadi dua bagian sama besar.

4.    Lalu buatlan 2 bolongan pada setiap halaman menggunakan pembolong kertas. Gunakan ring binder untuk menyatukan setiap halaman. Namun, bila tidak ada ring binder di rumah, kamu bisa menggunakan tali untuk menyatukannya.


5.    Ta-da!! Sekarang kamu memiliki Mix & Match Book buatanmu sendiri.


6.    Untuk menambah kreativitas anak, kamu bisa meminta si kecil menuliskan kalimat yang mendeskripsikan gambar yang ada disampingnya.




Memainkan dan membolak-balikkanbuku bisa sangat menyenangkan untuk dilakukan bersama anak-anak. Selamat mencoba!

Comments

Popular posts from this blog

Semua Anak Adalah Bintang

Tazkiyatunnafs for Mommies (Sebuah Resume)

DIY: Frozen Seahorse