BANTAT LAGI?

Satu tips sederhana untuk sukses membuat kue
oleh Nesri Baidani



Adonan sudah mengembang, tapi kenapa ketika jadi malah bantat? Pernah mengalami seperti ini, Bunda? Kalau pernah, mungkin karena teknik yang salah saat mengaduk adonan.
Setelah adonan mengembang, biasanya ini adalah waktunya untuk menambahkan tepung dan bahan lain seperti coklat atau margarin cair. Pada tahap inilah kerap terjadi kesalahan dalam mengaduk.
Adonan bisa mengembang dengan bagus karena ada udara yang terperangkap di dalamnya. Begitu bahan tambahan yang lebih padat dimasukkan, udara bisa saja keluar karena bahan yang baru masuk membentuk lubang udara pada adonan. Udara yang keluar inilah yang membuat kue menjadi bantat.
Untuk meminimalisir udara yang keluar, kita bisa menggunakan teknik aduk balik atau yang disebut folding. Berikut cara melakukan teknik aduk balik:
  1. Campur bahan sesuai arahan resep.
  2. Siapkan spatula karet atau logam untuk melakukan teknik ini. Gunakan spatula tipis untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
  3. Masukkan bahan yang lebih padat ke bahan yang lebih encer. Biarkan tetap di permukaan.
  4. Gunakan spatula untuk “memotong” adonan tepat di tengah, lalu pelan-pelan arahkan ke pinggir dan balik ke atas hingga adonan yang lebih padat berada di bagian atas lagi. Perhatikan untuk selalu melakukannya pelan-pelan.
  5. Ulangi beberapa kali hingga adonan tercampur rata.
Ingatlah untuk tidak mengaduk seperti mengaduk susu atau minuman lainnya. Tetap lakukan pembalikan secara horizontal dan pemotongan secara vertikal. Selamat mencoba, Bunda!

Bahan Bacaan

  1. Baking Technique: Folding, http://www.chatelaine.com/in-the-kitchen/baking-technique-folding/ , diunduh 8 Januari 2018
  2. How to Fold (Baking), https://www.wikihow.com/Fold-(Baking) , diunduh 8 Januari 2018

Comments

Popular posts from this blog

Semua Anak Adalah Bintang

Tazkiyatunnafs for Mommies (Sebuah Resume)

Upcycling your T-Shirt