Menu Sayur dan Buah untuk si Picky Eater


Ditulis Oleh Firsta Ayu Sebagai seorang ibu, salah satu tantangan kita adalah menyiapkan menu sehat setiap hari untuk keluarga. Kebiasaan makan sayur dan buah sejak kecil akan memberi manfaat bagi kesehatan anak sampai mereka dewasa kelak. Maka  beruntunglah untuk ibu yang anak-anaknya suka sayur dan buah, tanpa harus dipaksa.
Bagaimana dengan anak yang untuk makan sayur dan buah harus dipaksa? Sampai-sampai saat waktu makan tiba, menjadi momok dan menjadi momen traumatis bagi anak. Wah jangan sampai itu terjadi. Bagaimana mengatasinya? Cobalah beberapa resep mudah berikut, untuk mengolah sayur dan buah dalam bentuk yang berbeda. Mudah2an bisa menjadi salah satu solusi membuat anak mau makan sayur dan buah dengan cara yang menyenangkan.

Nugget sayur
Ayam cincang, sayur bayam beberapa helai, wortel parut, brokoli parut, bawang putih, garam, keju (bila perlu), merica (bila suka)
Proses di food processor sampai halus, kukus hingga matang.
Potong-potong, lalu gulingkan di terigu, telur, tepung panko. Simpan di freezer.


Nasi goreng
Lelehkan margarin, masukkan bawang putih, tumis sampai harum. Masukkan nasi, wortel parut, toge kecil2, sedikit seledri. Tumis.
Tambahkan kecap manis, garam, merica (bila suka). Sajikan dengan telur dadar.

Telur gulung sayuran
Kocok 2 butir telur, masukkan brokoli parut, wortel parut, seledri secukupnya. Tambahkan garam, bawang putih bubuk, merica bila suka.
Goreng hingga matang lalu gulung. Sajikan dengan saos tomat.


Puding
Blender buah anggur secukupnya, saring dan sisihkan.
Blender buah stroberi, saring dan sisihkan.
Masak bahan puding dengan air diatas kompor, aduk perlahan. Sesaat sebelum mendidih, masukkan jus anggur. Aduk rata sampai mendidih. Masukkan cetakan hingga terisi setengah saja, masukkan kulkas hingga mengeras.
Masak bahan puding seperti diatas, tapi kali ini dicampur dengan jus stroberi. Masukkan ke dalam cetakan yang sudah terisi puding anggur yang sudah tercetak. Isi hingga penuh. Masukkan ke kulkas hingga akan disajikan.

Comments

Popular posts from this blog

Semua Anak Adalah Bintang

Tazkiyatunnafs for Mommies (Sebuah Resume)

Upcycling your T-Shirt